Yuk Cari Tahu Tentang Sayur Kale! - JAGAPATI.com

Yuk Cari Tahu Tentang Sayur Kale!


Yuk Cari Tahu Tentang Sayur Kale!



Kale merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tidak kalah dari bayam, kol, brokoli dan sayuran lainnya. Kale (Brassica oleracea acephala) memiliki beberapa variasi jenis, ada yang berwarna hijau dan ungu kebiruan. Berbeda dengan brokoli dan keluarga kubis lainnya, kale tidak membentuk kepala.

Kale mulai banyak dikenal di Indonesia dan dapat ditemukan di daerah dataran tinggi seperti Bogor dan Bandung. Di Eropa, Amerika dan Jepang, Kale dianggap sebagai ratunya sayuran.
Pada umumnya kale dikonsumsi sebagai campuran salad dan smoothies. Masyarakat Jepang menghidangkan sayur kale dengan cara di jus yang disebut aojiru, dianggap ampuh untuk anda yang sedang diet.

Kale mangandung hampir seluruh jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B6, vitamin C, vitamin k, Thiamin, riboflavin, niasin, asam folat, dan kolin. Selain itu, kale juga kaya akan mineral seperti, fosfor, magnesium, mangan, zat besi dan garam seperti Na, K, dan Zn.

 Sebaiknya tidak mengonsumsi sayur kale dalam jumlah banyak secara rutin. Kale tergolong ke dalam sayuran cruciferous. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi Cruciferous dapat secara nyata mengurangi resiko terkena serangan berbagai jenis penyakit kanker. Kale memiliki glucosionate yang berpotensi untuk membesarkan kelenjar tiroid.

Bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya masukan kale ke dalam menu diet anda. Kale dapat disantap bersama salad sebagai makanan bebas lemak. Jumlah serat yang tinggi, rendah kalori, lemak dan gula, menjadikan sayur ini sebagai makanan diet terbaik.  Sayur kale memiliki kandungan vitamin E dan omega 3 yang melimpah. Dengan mengonsumsi kale, rambut akan tubuh lebih cepat dan kulitpun lebih cerah.

Berikut adalah beberapa manfaat kale bagi kesehatan:
1.    Kandungan fitonutrien dan vitamin K pada kale berfungsi untuk mencegah kanker serta melancarkan pencernaan. Vitamin K juga penting untuk mencegah pembekuan darah, yang dapat memicu kerusakan saraf otak seperti pada penyakit Alzheimer.
2.    Sayur jenis ini sangat cocok dikonsumsi oleh wanita yang rentan terhadap osteoporosis, disebabkan oleh kandungan vitamin K dan kalsium.
3.    Konsumsi kale untuk detoksifikasi dapat mencegah penyakit liver. Kandungan sulfur dan serat yang melimpah yang menyebabkan keluarnya racun dalam tubuh.
4.    Untuk mengobati Arthritis, Asma, dan Autoimun, penderita dapat mengonsumsi sup kale. Hal ini disebabkan adanya senyawa anti inflamasi dan omega 3 dalam sayuran ini.
5.    Daun kale banyak mengandung asam folat dan zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin sehingga mencegah penyakit kurang darah.
6.    Zeaxanthin dalam sayur kale diperlukan oleh retina sebagai antioksidan dan pelindung mata. Dengan mengkonsumsi sayur kale secara teratur dapat mencegah katarak pada orang tua.
7.    Kale mampu menurunkan kolestrol dan sehat bagi jantung anda karena hanya memiliki 35 kalori dan tidak memiliki kandungan lemak


Produk Terkait



Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk