Ternyata Penyakit Ini Dapat DIsebabkan Oleh Keturunan - JAGAPATI.com

Ternyata Penyakit Ini Dapat DIsebabkan Oleh Keturunan


Ternyata Penyakit Ini Dapat DIsebabkan Oleh Keturunan




Tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya merupakan dambaan semua orang. Namun beberapa jenis penyakit tertentu tidak bisa kita cegah karena termasuk dalam klasifikasi penyakit genetic yang diturunkan. 

Penyakit keturunan merupakan penyakit kelainan genetik yang diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Satu keluarga yang memiliki riwayat penyakit tertentu biasanya lebih beresiko mengidap penyakit serupa dibanding dengan keluarga yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Namun, ada orang tua yang hanya bersifat pembawa sifat (carrier) saja dan penyakit baru muncul jika dipicu oleh lingkungan dan gaya hidup sang anak.

Berikut ini adalah berbagai macam jenis penyakit yang kemungkinan dapat diturunkan atau diwariskan pada anak atau generasi selanjutnya berhubungan dengan riwayat kesehatan yang dimiliki anggota keluarga.

1.       Buta warna

Masalah penglihatan ini timbul karena mata tidak mampu melihat perbedaan antara beberapa warna. Penyakit ini merupakan keturunan, tetapi sebagian orang juga dapat disebabkan oleh kerusakan organ mata, otak, maupun saraf akibat bahan kimia tertentu. Buta warna dapat muncul saat dewasa bahkan ketika masih anak-anak.

2.       Hemofilia 

Penyakit ini terjadi akibat kekukarang factor pembeku pada darah yang terdapat pada kromosom X, sehingga penderita hemophilia adalah kebanyakan laki-laki. Sedangkan pada wanita sebagai pembawa sifat saja. Hemofilia sulit dicegah mengingat seorang anak pasti mengandung satu kromosom seks ayah dan satu kromosom seks ibu, hal ini menyebabkan penyakit ini selalu dimulai ketika masih anak-anak.

3.       Diabetes Melitus

Inilah penyakit keturunan paling popular di dunia kesehatan. Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam darah akibat insulin dalam tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Resiko yang diturunkan oleh penyederiat diabetes tipe 2 sebesar 15% saja. Namun jika kedua orang tua penderita diabetes tipe ini dapat meningkatkan resiko hingga 75%. Hal ini juga didukung dengan masalah lainnya seperti obesitas, hipertensi, gaya hidup yang tidak sehat seperti malah berolahraga dan pola makan yang amburadul.

4.       Asma

Penyakit keturunan yang satu ini didominasi oleh factor ibu untuk menurunkan pada anaknya dibandingkan ayah. Namun hal ini tidak serta merta muncul begitu saja. Asma muncul dipicu oleh adanya allergen yang berada disekitarnya. Alergen itu sendiri merupakan zat asing non parasit yang dapat menyebabkan sebuah reaksi kekebalan tertentu dalam tubuh ketika masuk ke dalam tubuh. Kurang lebih 30% kasus penyakit asma disebabkan oleh keturunan atau warisan dari orangtuanya. Namun sebagian orang yang kondisi asmanya dikontrol melakukan pengobatan dan terapi dapat hilang dengan sendirinya ketika menjelang dewasa.

Riwayat kesehatan seluruh anggota keluarga sangat berperan penting dalam kelanjutan suatu penyakit dari generasi ke generasi berikutnya. Salah satu cara untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut menurun ke generasi berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan lengkap sebelum menikah mencegah gen penyakit yang diturunkan ke anaknya kelak sehingga bisa lebih siap menghadapinya. Bagi orangtua yang memiliki gen penyakit turunan, sebaiknya segera memeriksakan anak anda. Bila anda sudah mengetahui penyakit keturunan ini sejak awal sebaiknya konsultasi ke dokter ahli sehubungan dengan cara pencegahan sert pengobatan penyakit tersebut sejak dini. Ayo mulai gaya hidup sehat dari sekarang!

Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk