Pembangunan Keluarga dengan Konsep Nawacita - JAGAPATI.com


Umum

Dr. Jessica Belinda Salim

Dr. Jessica B. Salim adalah seorang dokter, menempuh pendidikan kedokterannya di Universitas Tarumanegara lulusan tahun 2010. Dokter kelahiran Jakarta, 18 Februari 1989 ini, memulai karirnya di salah satu puskesmas daerah Jakarta Utara. Beliau turut berpartisipasi dalam Kolegium Dokter Primer Indonesia pada 23 Maret 2013 lalu. Saat ini beliau merupakan salah satu bagian dari Jagapati.com sebagai ahli kesehatan dibidangnya.



Pembangunan Keluarga dengan Konsep Nawacita


Pembangunan Keluarga dengan Konsep Nawacita



Presiden Republik Indonesia 2014-2019 menciptakan sembilan agenda prioritas yang disebut Nawa Cita. Salah satu di antara agenda prioritas Nawa Cita (Butir ke 5) adalah meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan. Dalam membahas  peningkatan kesehatan manusia Indonesia berarti membahas persoalan kependudukan dan penyebaran penduduknya. Dimana pendidikan kesehatan mestinya dimulai dari keluarga. Keluarga merupakan suatu lembaga dengan  satuan (unit) terkecil dari masyarakat, dan  memiliki peranan terpenting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. 

Setiap keluarga di Indonesia memiliki pola, pandangan dan cara penerapan yang hampir berbeda satu sama lainnya tentang pola hidup sederhana. Tetapi, pola hidup sehat memiliki batasan yang jelas sehingga nyaris semua keluarga berpandangan sama. Baik dalam pemahaman maupun penerapannya dalam lingkungan keluarga. Secara umum, pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara:

1.    Berolahraga secara teratur
Olahraga bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan di akhir pekan atau waktu libur. Olahraga dapat dilakukan dengan cara mengajak anak lari pagi, jalan santai berkeliling komplek ataupun melakukan aktivitas bersepeda bersama. Namun bagi individu yang sibuk dan  tidak bisa meluangkan waktu untuk  berolahraga, olahraga di rumah menjadi alternatif. Selain waktu olahraga yang  bisa disesuaikan dengan waktu luang,  lamanya waktu olahraga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan harian. Kesibukan bukanlah alasan untuk tidak melakukan olahraga. Alat olahraga yang biasanya digunakan untuk berolahraga di rumah seperti Gym Ball, Yoga Mat dan Push Up Bar.

2.    Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari
Rutin mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya dapat memberikan berbagai manfaat terhadap kita, tentunya dengan porsi yang sesuai. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin: membantu mengatasi obesitas, membantu melancarkan buang air besar,membantu tubuh lebih segar dan bersemangat, serta tentunya membuat Anda merasa lebih bahagia. Selain rasanya yang enak, serat dari buah dan sayur yang tidak terbuang juga membantu pencernaan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tapi sayangnya, beberapa diantara kita pasti memiliki kebiasaan buruk yaitu malas mengkonsumsi buah dan sayuran. Di tengah kesibukan masyarakat kota kota besar seperti Jakarta, asupan gizi dan vitamin dituntut untuk bersifat praktis. Vitamin dan suplemen berperan penting dalam memenuhi porsi asupan kebutuhan sehari-hari.

3.    Cek kesehatan secara rutin
Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setiap 6 bulan sekali. Bila muncul gejala yang menganggu aktivitas sehari-hari anda, jangan pernah ragu untuk memeriksakan diri.

4.    Perawatan khusus untuk tubuhmu
Kebersihan itu dimulai dari kebersihan individu. Bagi wanita maupun pria, kebersihan diri adalah yang utama dalam menjalani hidup yang sehat. Sperti halnya, sel kulit wajah yang lama akan mengganti sel kulit yang baru setiap 27 hari. Tetapi karena seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kemampuan regenerasi sel pun berkurang.  Dan untuk menjaga agar kulit tetap bisa beregenerasi, kebersihannya sendiri perlu dijaga. Bila kita membicarakan kebersihan, rambut dan kuku menjadi bagian yang tidak boleh diabaikan, bila dikaitkan dengan regenerasi. Rambut dan kuku memiliki kekuatan tersembunyi untuk memperbaiki dirinya sendiri. Setiap tiga bulan, rambut akan meregenerasi atau memperbaiki dirinya dengan mengganti rambut mati dengan rambut yang tumbuh baru.  Untuk menjaga rambut tetap sehat adalah dengan asupan nutrisi yang baik. Karena, nutrisi yang baik akan menjaga akarnya tetap kuat.

5.    Makan sehat untuk keluarga dengan gizi seimbang
Makanan untuk keluarga tentunya berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga maupun perkembangan dan kepandaian anak. Makanan sehat seperti Granola, Oat dan Muesli sangat sesuai disajikan untuk keluarga . Granola juga bisa dijadikan sebagai alternatif snack untuk si kecil.
Jajanan dan cemilan seperti gorengan sangatlah tidak sehat. Snack berserat tinggi yang mengandung nutrisi dan antioksidant seperti gandum (oats), granola, biji-bijian dan kacang-kacangan sangatlah penting dalam pertumbuhan dan perkembangan buah hati kita.
Untuk menambahkan rasa manis, madu alami juga bisa dimanfaatkan dengan jumlah secukupnya untuk menggantikan gula pasir dan pemanis buatan.

Seperti peribahasa “you are what you eat”. Tentu saja bila kita mengkonsumsi makanan sehat,kesehatan dan kebugaran akan terpancar di dalam diri Anda.
“The biggest wealth is health”. Saya sendiri beranggapan tidak ada yang instant, semua butuh proses. Maka mulailah kebiasaan hidup sehat dari sekarang.


Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk