Apa Itu Spirulina? - JAGAPATI.com

Apa Itu Spirulina?


Apa Itu Spirulina?



Spirulina merupakan spesies dari cyanobacteria yaitu Arthrospira Platensis dan Arthrospira Maxima tanaman ganggang berpigmen hijau-kebiruan, yang dapat dikonsumsi manusia.  Spirulina tumbuh di perairan tropis dan subtropis yang memiliki kandungan garam tinggi. Namun, ada juga beberapa spesies lain yang tumbuh di danau air tawar di alam liar.
Spirulina mampu memberikan sebagian besar protein, karena kandungan nutrisi dan proteinnya sangat tinggi dan dapat memenuhi gizi sehari-hari sehingga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain memenuhi itu spirulina juga dapat dijadikan suplemen untuk diet. Sebagian besar spirulina terdiri dari protein dan asam amino sehingga bermanfaat untuk vegetarian. Kandungan lainnya dalam spirulina yaitu protein, vitamin B1 (Riboflavin), vitamin B2  (Niacin), kalori, karbohidrat, magnesium, kalium, tembaga dan zat besi.

Manfaat spirulina beberapa diantaranya yaitu:
  • Meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat spirulina dapat memperkuat sistem imunitas tubuh dan mencegah pembengkakan infeksi virus dan meningkatkan kemampuan untuk melawan infeksi dan agen menular seperti virus dan bakteri.
  •  Karena sifat antioksidan, manfaat spirulina dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel dan jaringan, yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah partikel yang sangat reaktif yang mengoksidasi sel-sel tubuh dan jaringan dan dengan demikian, berkontribusi terhadap perkembangan beberapa penyakit.
  •  Spirulina bermanfaat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker mulut dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  •  Mencegah rambut rontok. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut untuk mengobati alopecia atau kerontokan rambut, yang dapat mempengaruhi kulit kepala, serta seluruh tubuh.
  •  Membantu dalam menurunkan kolesterol, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  •  Meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular (sistem peredaran darah dalam tubuh yang mengangkut oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh)
  •  Dapat membantu dalam mencegah gangguan hati seperti, sirosis (kerusakan organ hati kronis).
  •  Meningkatkan pencernaan makanan dan memeriksa pertumbuhan berlebih dari mikroorganisme berbahaya dalam usus. Hal ini dapat membuktikan bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan kesehatan pencernaan.
  •  Spirulina bermanfaat mendetoksifikasi tubuh, dengan mempercepat proses menghilangkan zat beracun.
  •  Banyak orang yang mengalami penurunan berat badan secara alami dengan spirulina, dan hal ini menjadi sangat populer dan sering menjadi solusi pilihan.
  •  Untuk perawatan kulit, terutama untuk alergi. Beberapa studi menunjukkan bahwa, hal itu tersebut menghalangi pelepasan histamine (zat kimia dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi), yang bertanggung jawab untuk memproduksi reaksi alergi termasuk,  alergi kulit.
Banyaknya manfaat yang dimiliki spirulina ini menjadikan spirulina “Super Food”. Disamping itu, spirulina sangat kaya akan asam amino esensial, beta karoten, protein dan mineral penting lainnya. Spirulina juga merupakan tumbuhan air yang paling unggul dalam mengumpulkan berbagai jenis nutrisi dan zat senyawa untuk memelihara kesehatan tubuh.


Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk